Fengshui Kamar Tidur dan Penataan Perabotnya

Kamar tidur adalah salah satu ruangan terpenting dalam fengshui, karena manusia menghabiskan hampir sepertiga waktunya di dalam ruangan tersebut. Saat menjadi narasumber talkshow fengshui di beberapa kota di Indonesia, banyak pertanyaan yang di ajukan terhadap ruangan kamar tidur, terutama dalam hal:

Hindari bentuk tak beraturan pada ruang tidur. Bentuk kotak yang sederhana akan mendapatkan chi' yang baik. Bentuk ruangan yang baik adalah kotak, karena unsur psikologis manusia lebih nyaman bila berada didalam ruangan yang berbentuk persegi. Bentuk kubah ataupun tabung hanya dibuat untuk ruangan publik tertentu, misalnya menara, bukan ruangan untuk tidur.

Beberapa perabot ruang kamar tidur yang perlu di perhatikan antara lain: 
"Dipan/ranjang, cermin rias, lemari pakaian dan pintu ruang tidur"

Hindari meletakkan ranjang persis di depan lemari, hal ini akan menurunkan psikologis kita saat bangun tidur, dan dapat menurunkan mood di pagi hari.

-->
Hindari dua atau lebih pintu ruang tidur yang saling berhadapan, menurut fengshui akan menyebabkan pertengkaran keluarga antar penghuni kedua kamar tersebut. Pintu kamar yang berseberangan atau berhadap-hadapan tidak baik menurut fengshui, karena dipercaya kedua penghuni kamar tersebut tidak akan bisa akur. Pada dasarnya efek psikologis yang ada disini adalah dengan adanya dua pintu berseberangan maka antara penghuni kamar satu dengan yang lain akan merasa saling diawasi.

Hindari peletakan pintu ruang tidur yang segaris dengan pintu dapur, dan hindari ranjang yang menempel dengan dinding dapur. Chi tidak sehat dari dapur akan masuk ke dalam kamar dan mempengaruhi kesehatan penghuni di dalam kamar, dan dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

Pintu ruang tidur yang segaris dengan pintu dapur tentu saja tidak baik karena asap pembakaran tidak sehat yang dihasilkan oleh kompor yang ada di dapur akan masuk ke kamar. Hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan penghuni kamar.

Hindari posisi tempat tidur yang menghadap pintu KM/WC, dan ranjang yang berbatasan langsung dengan dinding kamar mandi/WC. Solusi memberi penyekat antara pintu KM/WC dengan tempat tidur, atau memindahkan arah pintu KM. Tempat tidur yang menghadap pintu KM / WC dalam memang tidak baik karena aroma yang dikeluarkan dari arah wc seringkali langsung tercium oleh orang yang berada di tempat tidur pada posisi tersebut. Hal ini tentunya secara psikologis tidak baik, dan membuat tidur tidak nyaman.

Kamar mandi menyimpan udara dingin, sehingga apabila ranjang di letakkan pada sisi dinding yang berbatasan dengan kamar mandi, dikhawatirkan kesehatan penghuni kamar akan terpengaruh, terutama saluran pernapasan.

Artikel fengshui lainnya:

Baca selengkapnya mengenai penataan fengshui kamar tidur di buku :
- Menata Interior sesuai Fengshui (Griya Kreasi: Jakarta)
- 125 Tips Praktis Fengshui (Griya Kreasi: Jakarta)
- Tanya Jawab Fengshui: Mengapa Begini Mengapa Begitu (Griya Kreasi: Jakarta)
Buku-buku dapat di beli di seluruh toko buku di Indonesia

Konsultasikan karir, keuangan, kesehatan, usaha dan penataan fengshui rumah dan bangunan anda di http://fengshui.andiewicaksono.com

6 komentar:

rajakamar mengatakan...

Pantesan anak gw bandel banget, pintu kamarnya adep2an ama kamar gw :(

terojanhorse mengatakan...

pak Andie, katanya gak boleh naro lukisan kuda perang di kamar tidur ya? kenapa?

anakkamar mengatakan...

pantes akuh sering berantem sama mama, pintu kamar mama adep-adepan sama pintu kamarku. maaf ya mama! :(

teeta mengatakan...

Sodaraku kamarnya memang sebelahan dengan WC, terus sering sakit gitu batuk2 terus. setelah ranjangnya di pindah emang bener sih, gak batuk lagi.

Tempat Tidur Anak mengatakan...

selain itu juga harus perhatikan interior Kamar Tidur Anak nya pak ..menurut saya itu juga berpengaruh dalam fengsui hehehe

dewi sambi supernova mengatakan...

Salam suhu,

Kami mau rencana untuk buka konter jual pakaian di mall. Lokasi tersebut cukup strategis, tempat orang lalu lalang masuk mall dari parkiran motor. Yang masih menjadi keraguan kami adalah letak konter tersebut berada di atas bak air bawah, yg digunakan untuk penampuan air mall. Apakah hal tersebut menjadi pertimbangan? Terima kasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail