Apa itu carbon tax (pajak karbon), dampak dan manfaatnya

Artikel ini saya buat setelah membaca berita internasional mengenai kunjungan presiden RI ke Australia, dan penerapan carbon tax di australia, yang diadakan pada hari yang sama. Sekedar sharing pengetahuan tentang “carbon tax” ini, apabila terdapat kekeliruan mohon untuk diralat. Komentar dan saran sangat diharapkan.

Apa itu carbon tax atau pajak karbon?
Carbon tax, atau pajak karbon adalah pajak atas polusi, pajak lingkungan yang dikenakan oleh pemerintah kepada perusahaan-perusahaan penghasil karbon/polusi (environment.about.com). Carbon tax menawarkan potensi biaya-efektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GHG-Green House Gas). Carbon tax ini berbentuk pajak regresif, yang dikondisikan tidak akan mempengaruhi masyarakat berpenghasilan rendah secara langsung (wikipedia.org).

Jenis usaha apa saja yang terkena carbon tax?
Mencakup seluruh usaha yang menggunakan minyak, batubara, gas alam, bahan bakar gas cair, bensin atau avtur. Penerapan pajak karbon ini akan mempengaruhi langsung sejumlah sektor industri seperti pertambangan, pabrik baja /konstruksi dan perusahaan energi (berita.liputan6.com).
-->

Lantas, apa dampak carbon tax?
“the extra price you will pay for electricity (especially) and transport because the price set it higher than the market price” (finance.ninemsn.com.au). Harga listrik dan transportasi akan menjadi lebih mahal karena terkena pajak ini. Listrik dihasilkan oleh pembangkit listrik, terutama tenaga batubara dan minyak bumi. Harga listrik pasti akan naik bila pajak ini diterapkan. Syukurlah di Indonesia ada alternatif selain pembangkit listrik tenaga minyak bumi yaitu tenaga hidro (air) dan tenaga gas alam (geo-thermal). Di sektor transportasi contohnya, setiap emisi gas buang yang dihasilkan oleh perjalanan sebuah pesawat ke negara tujuan yang menerapkan carbon tax, akan dikenakan charge tambahan, tentunya secara tidak langsung akan dibebankan pada penumpang (pada harga tiket).

Apa manfaat carbon tax?
Karena ini adalah usaha bersama dari seluruh negara, maka manfaat yang jelas dirasakan oleh seluruh penduduk bumi dengan penerapan carbon tax ini adalah mengurangi emisi global, juga mengurangi dampak perubahan iklim. Idealnya, diharapkan perusahaan-perusahaan terkait akan bertransformasi menjadi green company, perusahaan hijau dengan meminimalkan penggunaan karbon. Tujuan akhirnya adalah menciptakan udara yang lebih bersih untuk seluruh dunia. Tentunya masih banyak manfaat lain yang akan dirasakan dengan penerapan carbon tax ini.

Artikel ini masih bersifat rintisan dan akan dikembangkan lewat diskusi lebih lanjut.
Bacaan terkait:
Apa itu "Perubahan Iklim" (Climate Change)?
Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Pro-Poor City

Referensi:


6 komentar:

Prananda Navitas mengatakan...

Nah, it's just another way of the cabinet to rob people of their hard-earned money.

Andie Wicaksono mengatakan...

dari sisi awam, memang terlihat seperti itu. sebaiknya juga dilihat lagi sisi kemanfaatan untuk menciptakan environment yang lebih baik, banyak hal positifnya.

dian mengatakan...

kapan carbon tax ini akan berlaku di indonesia pak?

Rita mengatakan...

Indonesia harusnya bisa lebih maju jika carbon tax ini mulai diterapkan

wahyudin Maksi007 mengatakan...

penerapan carbon tax sangat bangus tpi bukan itu masalah yg dihadpi indonesia.melaikan indonesia lgi krisis SDM yg jujur, bijaksana dan bermental baja.menerpkan tax carbon sangat mudah tapi menjalankan dan menjaga agar hasil dari tax carbon ini sampai ketangan yg BENAR

wahyudin Maksi007 mengatakan...

Menerapkan tax carbon di indonesia sangat mudah tapi bagaimana dengan pelaksanaannya??indonesia krisis SDM

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail