Pengaruh Perubahan Iklim pada Pro-Poor City


Pro-poor city adalah kota yang pro dengan orang miskin. Di kota ini, penduduk miskin tidak dianggap sebagai masalah, akan tetapi merupakan salahsatu potensi sumber daya untuk bergerak bersama membentuk kota yang berkelanjutan.

Disisi lain perubahan iklim global merupakan tantangan kota. Perubahan suhu ekstrim akan membuat penyakit cepat berkembang. Kenaikan air laut akan menggerus sumber air tanah. Bencana alam seperti banjir, tanah longsong, angin kencang, juga diakibatkan perubahan iklim.

Muncul kekhawatiran, bahwa penduduk miskin akan terkena dampak terbesar dari perubahan iklim ini. Penduduk miskin kebanyakan tinggal di daerah informal yang rawan resiko bencana, di bantaran sungai, jalur hijau dekat rel kereta, dll.

Apabila terjadi bencana, seperti banjir, angin, atau accident seperti kereta terguling, daerah informal ini paling beresiko menimbulkan korban.

Bila terjadi gelombang panas,imbas terbesar akan dirasakan penduduk miskin karena tidak mampu membeli AC. Pun dengan hawa dingin yang ekstrim, mereka tidak mampu membeli pakaian hangat, atau penghangat ruangan. Bila ada angin kencang, rumah mereka akan terkena dampak terbesar, karena sebagian besar terbuat dari bahan semi permanen.

Dari sisi kesehatan, kawasan beresiko juga menjadi sarana berkembangnya wabah, karena buruknya sanitasi di lingkungan tersebut.

Demikian halnya dengan mata pencaharian, masyarakat miskin sebagian besar mencari nafkah pada sektor riil (buruh pabrik, nelayan, tani, dan pekerja bangunan/konstruksi). Pekerjaan di sektor riil ini sangat bergantung pada cuaca, panas, dingin, dan hujan.

Inilah beberapa faktor yang mendeskripsikan bahwa perubahan iklim sangat berpengaruh pada pro-poor city, dan masyarakat didalamnya. Partisipasi bersama dibutuhkan untuk mengatasi perubahan iklim global yang sedang terjadi saat ini.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail