Efisiensi Energi, selalu identik dengan Update Teknologi?

Dunia semakin berkembang, teknologi semakin maju. Setiap hari kita dijejali dengan penemuan berteknologi tinggi. Ini menyebabkan orang semakin konsumtif. Dulu cukup ngonthel atau naik motor,sekarang panas liat tetangga beli innova baru.

Banyak barang konsumtif ada di sekeliling kita, yang secara sadar atau tidak akan mengkonsumsi energi. Dibawah adalah contoh beberapa barang konsumtif yang akan terus di update untuk mencapai tingkat tertinggi dari efisiensi energi.

1.Televisi
Konsumsi listrik untuk tv mencapai puncak tertingginya pada penemuan teknologi kirara basso (400watt untuk 40 inch), cukup menguras kantong untuk bayar listrik. Terjadi penurunan signifikan dengan penemuan LCD, dan ditekan lagi oleh LED,generasi tv paling irit saat ini (108watt untuk 40inch).
Pertanyaannya:
Berapa biaya yang dikeluarkan untuk ganti tv LED?

2. Mobil
mobil menjadi penyebab konsumsi energi terbesar (bbm), sebanding dengan penemuan pesawat. Bbm juga menjadi penyebab perang dunia. Bahkan, harga bbm menjadi patokan apakah seorang presiden harus turun tahta atau tidak.

Saat ini orang lebih berminat dengan jenis city car, alasannya, irit bbm, harga bbm makin mahal. Terakhir di pasaran,mobil hybrid (toyota prius) adalah keluaran baru yang paling irit, menggunakan kombinasi batere dan bbm. Lagi2, harganya masih sangat tinggi.
Pertanyaannya:
Berapa biaya yang diperlukan untuk membeli toyota prius?

3. Penerangan Rumah Tinggal
Orang dulu menggunakan senthir (lampu minyak) untuk penerangan. Karena repot dan berbau sangit,lalu ditemukan lampu pijar, yang ternyata boros listrik. Kemudian datanglah neon sl dan tl yang saat ini nangkring di plafon rumah kita,lebih irit listrik. Terakhir,lampu LED yang jauh lebih irit, tentunya, lebih mahal.
Pertanyaannya:
Berapa biaya untuk mengganti seluruh lampu dirumah menjadi lampu LED?

Ketiga hal diatas memang diperlukan untuk mengurangi konsumsi energi, karena kita harus peduli lingkungan. Tapi, benarkah untuk hemat energi harus selalu diikuti dengan update teknologi terbaru yang lebih ramah lingkungan?

Share your thought now! Partisipasikan opinimu pada kolom "comment" dibawah!
Powered by Telkomsel BlackBerry®

1 komentar:

asteroid mengatakan...

menulis dengan hati, berkata dengan lugas, gw suka gaya loe!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail