Ragam Desain Ruko, dengan contoh desain tampak depan


‘Ruko’, singkatan dari ‘Rumah-Toko’, biasanya bangunan komersial ini selain digunakan untuk transaksi jual beli, juga digunakan sebagai hunian atau tempat tinggal pemilik toko / pengelolanya. Gaya arsitektur sebuah ruko, pada umumnya setipe dengan kompleks huniannya. Kompleks hunian bergaya klasik, gaya ruko yang ada di depannya juga bergaya klasik.

Hal lain yang perlu diperhatikan pada saat perancangan sebuah ruko yaitu tentang pengolahan tampak muka atau fascade dari bangunan. 

Biasanya yang “dijual” pada ruko adalah tampak bangunan. Pengolahan fascade atau tampak sebuah bangunan ruko adalah konsep dasar sebagai panduan perancangan, apakah konsepnya menyatukan bangunan dengan lingkungan sekitar (misal pada perumahan bergaya klasik model tampak rukonya juga klasik), ataupun justru membuat bangunan tampil berbeda/kontras dengan lingkungan sekitarnya (misal pada perumahan bergaya klasik tapi model tampak rukonya justru minimalis).

Prinsip utama yang harus diperhatikan dalam membangun ruko adalah ’efisiensi’. Biaya yang diperlukan untuk membangun ruko, harus dihitung dengan cermat diupayakan agar ekonomis dan cepat pengerjaannya. Analisis tapak berfungsi untuk menentukan ‘nilai jual’ dari lokasi ruko, sehingga dapat diketahui perbandingan ’nilai’ dari beberapa lokasi yang ada, untuk kemudian dipilih yang terbaik. Pembahasan selengkapnya dari ruko ini dapat dibaca pada buku ”Ragam Desain Ruko”, yang dapat dibeli di toko buku terdekat. 
gambar © andiewicaksono, ar-chi-tect.org
ada free e-book Ragam Desain Ruko yang bisa didapatkan di situs saya di link ini.


Tanya Jawab terkait:
T: Apakah saya bisa membuatkan desain/gambar ruko dan rumah tinggal untuk anda?
J: Ya, tentu saja.
T: Bisakah saya mendapatkan desain gratis?
J: Profesi arsitek, sepertihalnya dokter dan profesi-profesi lainnya (termasuk anda), butuh bayaran. Sama seperti anda, kami juga manusia dengan berbagai keperluan. Bohong kalau ada desainer yang bilang jasa servis desain gratis, pasti biaya desain sudah dicantumkan di tempat lain.
T: Mahalkah biaya untuk memperoleh desain dari Saya?
J: Tidak, tergantung layanan dan paket yang anda inginkan.
T: Berapa biayanya?
J: Pembaca bisa menghubungi saya di email: andie_aw[at]yahoo.com , mohon maaf, nomor telepon tidak saya sebutkan disini, akan tetapi melalui email. Rincian Biaya desain juga akan saya sebutkan dalam email. 

Terima kasih dan salam hangat,
Andie
  

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail