Tips Renovasi Rumah: Sediakan Anggaran Lebih dari Estimasi RAB

Pada saat melakukan renovasi rumah, seringkali kita tidak mengira munculnya beberapa biaya lain yang tak terduga. Katakanlah, anda ingin mengecat rumah, pada awalnya anda telah mempersiapkan dana tertentu untuk pengecatan. Ternyata, muncul biaya-biaya lainnya yang jauh lebih banyak. Oleh karena itu, sebaiknya sediakan anggaran yang lebih dari saat melakukan estimasi rab atau perhitungan awal.

Contoh studi, saat kami melakukan pengecatan. Obyek yang di cat adalah bangunan kos, dengan kondisi terakhir cat yang pertamakali ada sejak bangunan tersebut berdiri tahun 2004. Cat yang ada pada beberapa bagian bangunan mengelupas karena lembab, dan sangat tidak menarik dilihat. Kelembaban berasal dari air yang masuk dari tembok luar dan bak kamar mandi bocor yang ada didalam kamar-kamar kos.

Sepertihalnya anda pergi ke dokter gigi untuk melakukan bleaching, memutihkan gigi. Ternyata setelah gigi anda dicek oleh dokter, karang gigi menempel dimana-mana, dan ada beberapa lubang yang harus ditambal.Tentunya prosedur yang akan dilakukan oleh dokter adalah menambal dan merawat lubang dulu, kemudian membersihkan karang gigi, baru terakhir gigi anda bisa di bleaching. Tadinya anda perkirakan ongkos bleaching sekitar dua ratus ribu, tapi di akhir proses, anda ternyata di charge satu juta rupiah oleh dokter untuk bleaching, karena ada ongkos perawatan lubang, dan membersihkan karang gigi. Tujuannya akhirnya sama, gigi anda menjadi putih, tapi estimasinya meleset jauh.

Sama halnya dengan pengecatan bangunan, tadinya diperkirakan untuk mengecat tembok butuh biaya tiga juta rupiah, tapi ternyata biaya akhir yang harus dikeluarkan untuk proses pengecatan menjadi sebesar lima juta rupiah, karena prosedur yang kami lakukan sama persis seperti yang dilakukan oleh dokter gigi, tidak hanya mengecat, tapi juga menambal bak mandi dan mengupas dinding terlebih dahulu.

Hal penting yang harus dipahami adalah: “lakukan sesuai prosedur”. Baca dengan seksama tulisan yang ada dibalik kemasan kaleng cat, bila perlu, tanyakan ahlinya. Percuma saja bila pengecatan dipaksakan tetap dilakukan tanpa menambal bak dan mengupas dinding, paling cat hanya bertahan tidak sampai 3 bulan, setelah itu akan mengelupas kembali. Sama halnya dengan gigi, bila proses bleaching dipaksakan tanpa menambal lubang dan membersihkan karang gigi, paling-paling hanya akan bertahan seminggu dan gigi anda akan berwarna kuning lagi.

Isi tulisan dan gambar ©2011 andiewicaksono.com, terimakasih untuk menyertakan link apabila ingin menshare isi. Kunjungi andiewicaksono.com untuk informasi seputar bangunan, arsitektur, dan interior.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail