Fengshui itu logis nggak sih?


“Pengajaraan fenghsui melalui teknik normatif dengan menggunakan mitos-mitos, dapat disebut sebagai tindakan membodohi orang”


Memperdebatkan ilmu fengshui ini memang mengasyikkan, dan tidak pernah habis-habisnya. Kita lihat cuplikan beberapa media massa tentang fengshui ini:


Suara Merdeka: Logika dibalik Fengshui (14/06/07) …."Mereka hanya tahu kalau beberapa larangan feng shui dilanggar, bisa membawa dampak buruk. Misalnya larangan menempatkan kantor di sudut jalan buntu,'' tutur Andie Arif Wicaksono ST MT, penulis buku Menata Interior sesuai Feng Shui, dalam bedah bukunya di …[selengkapnya]

Suara Merdeka: Fengshui tak sepenuhnya klenik (14/06/07); …Menurut guru besar Undip Prof Dr Totok Rusmanto, feng shui bukan sepenuhnya klenik, tetapi hanya sebagian. Mengapa? "Karena sejumlah aturan yang ada di dalamnya masih bisa di logika,''…. penulis buku tentang feng shui, Andie Arief Wicaksono ST MT yang juga menjadi pembicara, mengaggap feng shui sering mengedepankan sebab-akibat… [selengkapnya]

Kompas: Fengshui desain bangunan (14/06/07) … Banyak arsitek atau ahli desain dan rancang bangun yang belum menyadari perlunya fengshui dalam mendesain bangunan. Demikian dikatakan penulis buku “Menata Interior Sesuai Fengshui” Andie Arif Wicaksono dalam seminar…. [selengkapnya]


Sebenarnya, ilmu Fengshui didasarkan pada catatan-catatan yang empiris, Untuk tetap eksis, Fengshui juga menggunakan bahasa-bahasa pemasaran atau marketing. (Dr. LMF Purwanto). Dan konteks mistis atau kepercayaan irasional inilah yang digunakan sebagai bentuk perwujudannya, karma pada jaman dahulu orang sangat percaya dengan mitos. Bahasa pemasaran seperti ini disebut sebagai marketing melalui teknik normatif.

Meskipun teknik normatif ini hanya sekedar bahasa marketing saja, akan tetapi hal inilah yang sekarang perlu diluruskan. Karena saat ini orang lebih banyak menggunakan logika. Pengajaraan fenghsui melalui teknik normatif dengan menggunakan mitos-mitos, dapat disebut sebagai tindakan membodohi orang.

Saya tidak senang membuat orang bodoh, dan Saya sendiri sampai sekarang tidak pernah berhenti untuk terus melakukan penelitian dan studi lebih lanjut mengenai ilmu fengshui ini. Beberapa artikel yang saya tulis mengenai Fengshui ini dapat dilihat di http://ar-chi-tect.org/fengshui-logic-or-not/ (bahasa Inggris). Untuk buku dan referensi kelogisan fengshui ini bisa dibaca di : “Logiskah Fengshui” dan “Menata Interior Sesuai Fengshui”.


Salam

andie wicaksono

5 komentar:

Moh Arif Widarto mengatakan...

Wah... jadi seleb nih. Liputan medianya dah komplit.

angin-berbisik mengatakan...

wah arsitek muda berbakat nih...dr semarang pula...salam kenal nan hangat ya mas

Nicole mengatakan...

Beautiful waterfall!
Can't read the story though ;)

Lex dePraxis mengatakan...

Hi Andie,

I agree that Fengshui is not completely mystical. However...

... yang masih menjadi 'sumber kegatalan' adalah jika ada 10 fengshui master diminta untuk mendesain sebuah ruangan, maka akan ada 10 hasil layout yang berbeda, bahkan akan saling bertolak belakang (padahal memberikan alasan teori yang sama).

Jadi, sulit diterima kelogisan Fengshui jika pada prakteknya sendiri Fengshui master bisa saling menegasi karya Fengshui master lainnya.

Andie Wicaksono mengatakan...

to all=thanks for the comment.
to Mr. Lex dePraxis=
memang benar yang dijelaskan bahwa jika ada 10 fengshui master diminta untuk mendesain sebuah ruangan, maka akan ada 10 hasil layout yang berbeda, bahkan akan saling bertolak belakang.
Hal ini karena fengshui itu adalah ilmu, sama dengan ilmu arsitektur juga terdapat berbagai aliran. 10 arsitek diminta mendesain layout, pasti yang muncul juga 10 ide yang berbeda. Sama halnya dengan seni, juga banyak aliran yang berbeda-beda. Jadi, tinggal bagaimana usaha kita untuk menyatukan berbagai ide2 tersebut. Mudah2an bisa sedikit memperjelas. Thanks for sharing :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail