Tips untuk memperluas kesan ruangan / interior


Ruangan yang terasa sempit bisa disebabkan oleh karena kesalahan penggunaan warna. Prinsipnya, penggunaan warna-warna cerah akan memperluas kesan ruang, sebaliknya, warna-warna gelap akan mempersempit kesan suatu ruangan.Teknik pewarnaan interior yang dapat digunakan untuk memperluas kesan sebuah ruangan yaitu sebagai berikut: Menggunakan warna-warna cerah pada bidang dinding dan lantai ruangan. Warna cream atau beige masih termasuk warna cerah, akan tetapi warna tanah memang masuk kategori warna gelap. Supaya tidak terjadi kesan sempit, sebuah ruangan dapat ditata dengan cara sebagai berikut:
  1. Penggunaan konsep perabot yg tidak menggunakan banyak ornamennya. Style minimalis misalnya, cocok karena ruangan akan terkesan lebih ringan.
  2. Konsep ruang diupayakan terbuka, jgn menggunakan banyak sekat/partisi.
  3. Gunakan material utk furnitur dari bahan yg glaze(kilap), termasuk bidang lantainya klo bisa juga menggunakan bahan material glaze.
  4. Intensitas cahaya yg masuk kedalam ruangan / interior, caranya dengan menggunakan cahaya alami ataupun dengan tambahan lampu2, dll.
  5. Memperluas kesan ruang juga dapat dilakukan dengan cermin
Penggunaan cermin dapat digunakan untuk memperluas kesan ruang. Nah, pertimbangan sisi mana yg bagus utk pemasangan cermin yaitu:
  • Sisi mana yang sering terkena sinar matahari? usahakan jangan cermin disisi yg ini, karena akan membuat silau didalam ruangan.
  • Bidang mana yang lebih sering digunakan? (ex.buat sirkulasi orang jalan), nah cermin baiknya dipasang di bidang yg -hidup-, yang sering digunakan sebagai area sirkulasi. Bidang yg satu lagi (bidang mati) bisa dibuat sbg vocal point, misal dengan cara menggantung lukisan, foto atau menbuat kontras pada warna dindingnya.
Itu kira2 pertimbangan yg bisa digunakan untuk memperluas kesan sebuah ruangan. Tips penataan ruangan dan interior ini selengkapnya dapat dibaca pada buku Menata Interior sesuai Fengshui

2 komentar:

Yoseph T Arifin mengatakan...

thanks buat infonya... sangat bermanfaat untuk dekor rumah atau apartemen yang gak terlalu luas...

Andie Wicaksono mengatakan...

makasih banget udah berkunjung ke blognya, bos Yoseph... sama atas komentarnya juga, thanks... salaaam...

andie wicaksono
http://andiewicaksono.blogspot.com

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail