Tips dan Panduan Membeli Rumah


Baru saja saya mengunjungi blog teman, dan menjumpai topik tentang Tips membeli rumah. As far, faktor utama yang menentukan nilai bangunan (khususnya rumah) ini -selanjutnya disebut dengan faktor LUK- yaitu tentang: 1)Lokasi, menyangkut kestrategisannya, kedekatan dengan transportasi publik, 2)Ukuran, menyangkut besar lahan dan bangunan, tentunya semakin besar ukuran sebuah rumah semakin tinggi harga jualnya, dan 3)Kondisi, menyangkut bagaimana kondisi rumah tersebut, misalnya, struktur bangunannya, model desainnya, ketiga hal tersebut penjelasannya bisa dibaca dibawah=
1. Lokasi
Lokasi merupakan faktor terpenting untuk berinvestasi pada real estat. Hal yang menentukan kebaikan sebuah lokasi antara lain yaitu :
« Kedekatan dengan pusat / magnet aktivitas kota.
« Faktor ketersediaan utilitas kota seperti air, listrik, telpon, dll
« Faktor kemudahan pencapaian / aksesibilitas, kedekatan dengan transportasi publik, dll.
« Faktor aktivitas penunjang yang ada disekitar lokasi, seperti layanan perbankan, rumah sakit, tempat rekreasi.
« Faktor lingkungan disekitar lokasi, menyangkut didalamnya keamanan, kebersihan dan estetika lingkungan, dll.
2. Ukuran
Dalam menentukan ukuran dan fungsi yang tepat, ada baiknya kita melakukan observasi terlebih dahulu terhadap rencana keruangan kota. Semakin besar ukuran sebuah rumah, tentu saja akan semakin mahal harganya.
3. Kondisi

Kondisi disini dimaksudkan adalah kondisi dari rumah yang akan kita beli tersebut, bila kita membeli rumah lama / rumah seken, apakah rumah tersebut sudah rusak, atau masih baik. Juga perlu diperhatikan mengenai struktur bangunan rumah, apakah kuat atau tidak. Sebab, banyak pengembang yang melakukan penghematan pada struktur (dengan alasan klise, untuk memperkecil ongkos produksi) yang akhirnya akan berdampak pada end user (pembeli). Tentunya kita tidak menginginkan ini terjadi. Oleh karena itu sebaiknya ada transparansi dari pengembang terhadap struktur yang digunakan, dan bila perlu, kita sebagai pembeli berhak menanyakannya. Terakhir adalah tentang desain, bentuk desain sebuah rumah, otomatis mempengaruhi nilai jualnya. Semakin banyak ornamen estetis, ataupun material mewah seperti kaca tempered, lantai granit, dll yang digunakan didalamnya tentu saja semakin mahal rumah tersebut.
Selengkapnya penjelasan mengenai tips2 ini dapat dibaca pada buku Mengelola Investasi Real Estat

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Pak, saya rencananya akan membeli rumah tipe 45 dari sebuah pengembang, akan tetapi agak jauh dari kantor. bagaimana sebaiknya?
Salam
Rudi

Andie Wicaksono mengatakan...

untuk rumah tinggal yang agak jauh dari rumah, pertimbangkan juga tentang transportasi umum, terutama bila kita sering menggunakannya. Juga mengenai jarak tempuh terdekat antara rumah dan kantor. kira2 begitu sarannya... :)

pregnant advisor mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Wawan mengatakan...

salam kenal mas andiewicaksono, jika ada clien bapak yang membutuhkan informasi rumah yang akan dijual, bisa kontak saya atau kunjungi blog saya di www.wdarmawan.blogspot.com

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail